Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Pati Garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Pati Garut  sebuah cara yang mudah anda lakukan untuk mengobati penyakit asam lambung yang saat ini anda derita.

Apakah anda tahu apa itu pati garut ?

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Jika mendengar kata Garut pasti pikiran anda langsung tertuju pada salah satu kabupaten yang ada di jawa barat yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu dodol. Namun pati garut bukan berarti pati yang berasal dari kabupaten garut.

Garut yang kami maksud disini ialah sebuah jenis tanaman umbi yang memiliki nama latin Maranta arundinacea. Umbi dari tanaman ini sering diolah dan dijadikan berbagai jenis makanan dari mulai keripik hingga cendol.

Umbi dari tanaman garut ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga bida menjadi pengganti makanan pokok seperti nasi dan jagung. Terutama pada musim paceklik tumbuhan ini sering digunakan sebagai makanan pengganti nasi atau makanan pokok lainnya.

Namun mungkin tidak banyak yang tahu jika bahan makanan garut ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit asam lambung tinggi atau penyakit maag.

Ubi garut yang digolongkan  tanaman semak semusim, batangnya semu, bulat membentuk rimpang berwarna hijau, daunnya tunggal, bulat memanjang dengan ujung runcing berpelepah, berbulu dan berwarna hijau, ini,  memiliki kandungan kimia yang terletak di dalam rimpangnya, yaitu zat pati yang berguna sebagai sumber karbohidrat.

Kandungan nutrisi pada pati garut

Pati garut memiliki sifat khas mendinginkan dan mendinginkan perut, yang kemudian dikenal sebagai obat maag atau lambung. Karena akibat infeksi lambung dengan tengara perut panas perih, bisa didinginkan oleh zat pati garut.

Kandungan zat lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Yaitu, kandungan zat dalam 100 gram ubi garut adalah kalori (355,00 kal), protein (0,70 g), lemak (0,20 g), karbohidrat (85,20 g), kalsium (8,00 g), fosfor (22,00 g), zat besi (1,50 g), vitamin B1 (0,09 mg), air (13,60 g).

Garut juga memiliki kandungan zat kimia yang sering disebut dengan zat pati yang saat ini banyak di gunakan oleh masyarakat. Umbi garut ini juga memiliki kandungan kimia saponin dan flavonoid.

Disamping untuk pengobatan maag. Tanaman garut memiliki banyak manfaat, diantaranya, menyembuhkan mencret, sebagai obat luar untuk menyembuhkan eksim, menyembuhkan radang usus, menyembuhkan rachitis, menyembuhkan panas dalam, sebagai makanan alternatif bagi anak autis dan sindrom down (karena seratnya pendek sehingga mudah dicerna).

Nah, inti dari pati garut yang konon mujarab untuk obat maag atau lambung , karena garut mengandung Asetosal Antiinflamasi merupakan suatu zat atau obat yang di gunakan untuk menghambat terjadinya inflamasi. Obat yang biasanya dipakai untuk obat antiinflamasi adalah obat-obat golongan non steroid, yang  sangat efektif menghilangkan rasa nyeri dan inflamasi dengan menekan produksi prostaglandin pada metabolisme asam arakidonat dengan cara penghambatan siklooksigenasi dan lipoksigenasi pada kaskade inflamasi.

Sementara obat anti inflamasi nonsteroid (AINS) memiliki efek samping yaitu : menyebabkan rasa tidak nyaman pada saluran cerna, mual, muntah, diare, pendarahan dan tukak, reaksi hipersensitivitas (trauma ruam kulit, angio edema dan bronkospasme), sakit kepala, pusing, vertigo, gangguan pendengaran (tinnitus, 11 fotosensitifitas dan hematuria), gagal ginjal, kerusakan hati, alveolitis, pankreatitis dan perubahan pada mata.

Sedang dengan pati garut, maag atau nyeri lambung dingin, tanpa menimbulkan efek samping sebagaimana obat-obat pabrikan. Inilah hebatnya ubi garut, sahabat kita sejak nenek moyang.

Cara mengolah pati garut untuk mengobati penyakit maag atau asam lambung tinggi

Adapun cara mengolah tanaman garut untuk digunakan sebagai obat asam lambung atau maag adalah sebagai berikut :

  • Larutkan pati garut ke dalam air se cukupnya, menurut kebutuhan dan kekentalan yang di inginkan
  • Mask dengan api sedang dengan terus diaduk-aduk
  • Tambahkan Gula Merah/Gula Jawa Sesuai selera dan gula pasir jika mengiginkannya juga bisa
  • Masukan selembar daun salam biar harum dan menggugah selera
  • Tambahkan Sedikt Garam agar lebih mantap rasanya,
  •  Larutan pati garut yang hampir masak bila terlalu kental bisa ditambah air sesuai sesuai kekentalan yang di inginkan
  • Dinginkan Jenang/bubur pati garut, lalu makan /Konsumsi ini jenag/bubur Pati Garut dan Berdasar pengalaman Perut langsung berangsur angsur terasa sejuk dan Gejala-Gejala Sakit Mag-pun mereda.

Nahitulah tadi sedikit informasi dari kami mengenai cara mengobati asam lambung dengan pati garut. Semoga informasi yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi anda yang saat ini mungkin sedang menderita penyakit asam lambung.

Baca JugaObat Pengering Luka Bernanah

Post By : Warna Herbal

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan pati garut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *